Arsip Blog

Jumat, 27 Agustus 2010

Medan Contemporary Art Festival 2010




Medan Talk On June - 4 - 2010

Anak muda dan seni kontemporer. Dua elemen tersebut jarang bertemu dalam sebuah aktivitas di Medan. Menyikapi kondisi ini beberapa pekerja seni muda Medan yang biasa beraktivitas di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) menggelar Medan Contemporary Art Festival (MACF) 2010, Jumat (4/6) dan Sabtu (5/6).

Ragam bentuk pertunjukan seni kontemporer akan dihadirkan selama 2 hari di Panggung Terbuka dan halaman TBSU. Mulai dari seni drama, musik, rupa, sastra, sampai tari. Tak ketinggalan pemutaran video seni kontemporer dan seminar sastra kontemporer.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan dan membina aspek kreatifitas seni khususnya yang berkenaan dengan dunia eksplorasi dan eksperimental sejalan dengan laju perkembangan penciptaan seni dengan tidak meninggalkan bentuk-bentuk nilai yang mengandung khasanah kesenian tradional,” terang Pimpinan Produksi MACF 2010, M. Andrian Manalu.

Kelompok seni Medan yang akan mengisi pagelaran 2010 ini antara lain Air In Art, Sahala, Komunitas Home Poetry, dan Komunitas Musik FBS Unimed. Dari luar Medan, lanjut Andrian, yang akan mengisi panggung pertunjukan adalah Anak Seni (AS) Binjai, HMJ Tari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Dance Community Pekanbaru, Teater AIR Jambi, dan Komunitas Lampung.

“Tiga seniman dari Singapura dan Medan juga akan hadir sebagai bintang tamu kegiatan ini. Yakni Murahmansyah, Hardoni Sitohang, dan Winarto Kartupat,” sebut Andrian.

Ia melanjutkan, melalui kegiatan ini diharapkan pemahaman akan seni kontemporer semakin membumi sehingga dapat mendorong keperdulian masyarakat terutama kaum muda Medan dalam mengapresiasi dan mencintai kesenian sebagai media pembentukan karakter dan perilaku.

Beberapa pertunjukan yang akan ditampilkan pada MCAF 2010 ini adalah Anak Pisang (koreografer Dizah), Bingung (koreografer Faisal Kencol), None (koreografer Syafrizal), monolog Pengantin Kilat oleh Bunda Djibril, Elastis (komposer Ade Long), dan Fantasi Kehidupan (komposer Zumaidi).

Source: Medan Contemporary Art Festival 2010 | Berita Cerita Kota Medan http://www.medantalk.com/medan-contemporary-art-festival-2010/#ixzz0xs071xUr
Copyright: www.MedanTalk.com